Tes Cepat, Satu Warga Ambon Posotif Terinveksi Virus Corona

oleh -1523 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Satu warga Ambon positif terinfeksi virus corona. Ini diketahui saat melakukan tes cepat Covid-19 di Ambon. Demikian penjelasan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, Sabtu (4/4) di Kantor Gubernur Maluku.

Menurutnya warga kota Ambon yang terkonfirmasi positif Covid-19, adalah seorang wanita berusia 74 tahun dan baru selesai dalam melakukan perjalanan dari Makasar.

“Pasien ini baru kembali dari Makasar pada 14 Maret 2020, dan mengeluh lemas dan dibawa ke dokter praktek untuk diperiksa. Saat dibawa ke rumah sakit, pasien tersebut tidak menunjukan gejala-gejala Covid-19, namun oleh dokter pasein tersebut diperiksa menggunakan Rapid Tes, dan dari hasil pemeriksaan menggunakan rapid tes pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 dan secara medik hasil tersebut juga harus dikonfirmasi, “ucapnya.

Kasrul menambahkan, sambil menunggu spesimen yang sudah dikirimkan dari kemarin ke Labkes di Jakarta, tersebut kini  menjalani isolasi di RS Dr Latumeten Ambon.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Dr Meykal Pontoh menjelaskan, rapid tes adalah pemeriksaan melalui darah untuk mendeteksi antibodi. Dan tingkat keakuratan rapid tes 80 persen masih bisa positif Covid-19 dan juga negatif, untuk itu harus diperkuat dengan Swab.

“Saat ini pihak kesehatan tengah  melakukan tracking baik terhadap keluarga pasien maupun lingkungan sekitar asal pasien, “demikian Pontoh.(**)