Setelah Rampung, MBD Satu Data Segera Difungsikan

  • Whatsapp

87News.com,Tiakur – Program MBD Satu Data yang kini memasuki tahap perampungan, dan akan seger difungsikan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya sebagai program prioritas. Dimana program tersebut bertujuan untuk membangun MBD yang lebih kompetetif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi saat ini.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten MBD, Joseph Nanlohy, mengatakan, saat ini, Diskominfo bersama Bappeda dan BPMD Kabupaten MBD telah melakukan koordinasi untuk mempersiapkan program MBD Satu Data yang dilengkapi dengan aplikasi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat.

“Dalam waktu dekat program MBD Satu Data akan diaktifkan melalui Bappeda yang merupakan ketua forum data. Namun sebelumnya akan dilakukan sosialisasi kapeda seluruh OPD hingga ke tingkat desa tentang cara pengelolaan MBD Satu Data, demi mendapatkan sinkronisasi data, ” jelas Nanlohy.

Dikatakan, untuk mengoptimalkan MBD Satu Data, makan Bupati MBD memberikan kesempatan kerja bagi seluruh putra-putri daerah yang memiliki kemampuan informasi dan transaksi elektronik (ITE) untuk bekerja sebagai operator, setelah perampungan aplikasi MBD Satu Data.

Program MBD Satu Data dilaunching oleh Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach pada Juli 2021 lalu, dan merupakan program prioritas, yaang bertujuan untuk membangun MBD yang lebih kompetetif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi saat ini.

Sebelumnya, Bupati MBD Benyamin Thomas Noach menjelaskan merincikan pentingnya program MBD Satu Data ini adalah agar pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten MBD tepat sasaran. Begitu juga dengan bantuan dan stimulan yang diberikan pemerintah akan tepat sasaran. Dalam program MBD Satu Data juga memuat jumlah penduduk, potensi wilayah hingga data PNS yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Olehnya itu seluruh desa harus memiliki website desa yang memuat data statistik dan juga seluruh potensi yang ada di desa tersebut, agar seluruh masyarakat dapat mengetahuinya dengan sekali klik.

“Dalam MBD Satu Data akan memuat tentang jumlah penduduk pada pada satu desa. Juga akan memuat tentang potensi yang ada pada desa tersebut, hingga data pegawai yang ada di MBD. Maka selain mempersiapkan operator baik untuk tingkat kecamatan maupun desa, “pungkas Bupati Noach.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *