Senat Unpatti Tetapkan 3 Nama Calon Rektor

oleh -295 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Rapat senat terbuka Universitas Pattimura (Unpatti) dalam rangka penyaringan (penilaian dan penetapan) tiga (3) calon rektor Unpatti periode 2023-2027 telah dilakukan, Kamis (5)10) lalu, yang berlangsubg di ruang rapat lantai II Rektorat.

Dari 71 anggota Senat Unpatti selaku pemilik suara, telah menempatkan Prof Dr.Fredy Leiwakabessy, M.Pd (Wakil Rektor I) unggul atas empat calon lainnya dengan perolehan 22 suara. Sementata pada posisi kedua ada Prof Dr.I.Wenno, M.Pd (Dekan FKIP) dengan perolehan 16 suara sedang posisi ketiga ditempeti Prof. Dr. Jusuf Madubun, MSi (Wakil Rektor III) yang memperoleh 15 suara. Sementata dua calon lainnya, yakni Dr. Rory Akyuwen, MH. (Dekan Fakultas Hukum) diposisi keempat dengan 10 suara dan Prof.Dr. P Kakisina, M.Si (Dekan MIPA) hanya meraih 8 suara.

Tiga calon peraih suara terbanyak ini telah ditetapkan oleh Senat Unpatti dengan surat keputusan (SK) nomor: 10/UN 13.V/SK/2023 tentang calon Rektor Unpatti periode 2023-2027.

Hasil penetapan calon Rektor Unpatti ini akan diteruskan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Mendikbud-Ristek), Nadiem Makarim di Jakarta untuk menentukan satu dari ketiga nama tersebut untuk diputuskan menjadi Rektor Unpatti periode 2023-2027.

Terkait hal itu, tim pemenangan Leiwakabessy mengaku sangat optimis kandidatnya akan mengantongi 35% suara Mendikbud-Ristek pada putaran terakhir pemilihan Rektor Umpatti yang akan berlangsung pada 2 November 2023 mendatang.

“Kita (tim pemenangan) sudah bekerja maksimal. Karena itu kita sangat optimis Prof. Edy akan terpilih menjadi rektor Unpatti periode 2023-2027, ” ungkapnya.(**)