Sejumlah Desa di MBD Terdampak Gempa. Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum Rusak Berat dan Ringan

oleh -860 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Gempa tektonik berkekuatan 7,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (10/1) dini hari, berdampak juga ke sejumlah desa di Kabupaten Maluku Barat Daya, antara lain Desa Watuwei, Letmasa, Nurnyaman di Kecamatan Dawelor Dawera. Desa Serwaru Kecamatan Letti, Tiakur, Kaiwatu Kecamatan Moa, Desa Lewah, Hertuti di Kecamatan Babar Barat dan Desa Ilih Kecamatan Damer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD, James Likko, mengatakan gempa tersebut sangat kuat terasa di MBD terutama di Kecamatan Dawelor Dawera, Babar Timur, Babar Barat hingga Pulau Wetang.

Ia menjelaskan, sesuai dengan data sementara yang dihimpun hingga Kamis (11/1) sore ini, terdapat 60 unit bangunan baik bangunan pemerintah maupun rumah warga mengalami rusak ringan dan berat.

“Data sementara yang masuk saat ini berasal dari Desa Watuwei, Letmasa, Nurnyaman, Kecamatan Dawelor Dawera, Desa Serwaru Kecamatan Letti. Tiakur, Kaiwatu Kecamatan Moa, Desa Lewah, Hertuti Kecamatan Babar Barat dan Desa Ilih di Kecamatan Damer. Dan data ini masih akan diperbaharui sesuai laporan dari yang masuk dari Kecamatan, “jelas Likko.

Likko bilang. Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya telah mengeluarkan surat keputusan tentang tanggap darurat, dan bantuan ke daerah terdampak akan segera dilakukan yang menurut rencana penyalurannya akan menggunakan KM Sabuk Nusantara 71.

Likko berharap, masyarakat tetap tenang, tidak panik, waspada dan tetap mengikuti arahan dari pihak pemerintah di Kecamatan dan desa masing-masing.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.