Pj Wali Kota Ambon Jadi Pemateri di Road To Hakordia 2023

oleh -266 Dilihat
oleh

87News.com,Jayapira-Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dipercaya oleh KPK melalui Korsupgah Wilayah V, untuk menjadi pemateri dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023, yang diselenggarakan oleh Korsupgah Wilayah V yang dipusatkan di Papua.

Materi yang disampaikan Pj. Wali Kota Ambon, adalah stratengi Pemerintah Kota Ambon dalam meningkatan PAD Kota Ambon

Dijelaskan, untuk menjawab kebutuhan daerah dalam upaya untuk meningkatkan pembangunan, maka pemerintah Kota Ambon tidak bisa hanya berharap dari dana yang ditransfer dari pemerintah pusat karena memang sudah ada peruntukannya. Olehnya itu Kota Ambon yang merupakan kota pulau yang dibatasi dengan berbagai hal, maka pemerintah Kota Ambon hanya dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada, yakni sektor perdagangan sektor jasa dan sektor pariwisata untuk mendongkrak PAD.

Selain itu penyumbang PAD lain adalah pajak retribusi. Dan itu merupakan tugas kepala desa/kelurahan untuk mensosialisasikan ke masyarakat.

Tapi, walaupun belum maksimal namun Wattimena mengakui PAD dari sektor pajak/retribusi sampai 31 Oktober 2023 sudah mencapai angka 60% dari target yang ditentukan. Namun begitu, sosialisasi tentang pentingnya membayar pajak ke daerah kepada masyarakat terus dilakukan.(**)