Pentas Seni Budaya TK PAUD Gugus I Kalwedo Moa Barat

oleh -202 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Pentas seni dan budaya menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang keberagaman budaya yang ada di masyarakat, dan juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pentas seni dan budaya tidak hanya menjadi wadah bagi siswa untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas, tetapi juga sebagai sarana untuk mempercepat hubungan antar siswa, guru dan orang tua.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Evalince Audrey pada acara Pentas seni dan budaya untuk TK PAUD, yang diselenggarakan oleh Gugus I Kalwedo Moa Barat, yang berlangsung di aula Kelurahan Tiakur, Jumat (7/6).

Menurutnya, ada beberapa manfaat dari pentas seni dan budaya yakni, melatih siswa untuk berkreativitas dan menyalurkan bakat. Meningkatkan kemampuan berkarya dan mental keberanian tampil di depan publik. Sebagai sarana hiburan untuk siswa dan menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang seni dan budaya.

Dikatakannya, merujuk dari besar manfaat adanya pentas seni dan budaya maka saat ini dilaksanakan kegiatan yaitu, paduan suara, puisi, bertutur dan tarian. Karena siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga diperlukan pengetahuan non akademik. Oleh karena itu, pentas seni dan budaya harus dilaksnakan untuk memunculkan bakat-bakat siswa yang belum terlihat.

Dikatakannya, melalui pentas seni dan budaya dapat merangsang imajinasi dan kreativitas anak-anak. Juga membangun kepercayaan diri, mengenal dan memahami budaya, tradisi dan warisan.

Belajar sejak dini menghargai keanekaragaman budaya. Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya disiplin, ketekunan dan fokus.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana pentas seni dan budaya Gugus I Moa Barat, Christalya Pical dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan pentas seni dan budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman jenis budaya yang dimiliki kabupaten bertajuk kalwedo ini.

Kegiatan ini diikuti oleh 8 TK PAUD antara lain, TK PAUD Pembina, TK PAUD Anugerah, TK PAUD Elina, TK PAUD SPS Tehila, TK PAUD Kalwedo, TK PAUD Ilwiaru watumera Wakarleli, TK PAUD Geparok Patti dan TK PAUD Pelita Kasih.(**)