Pemkab MBD Gelar Upacara Hari Pahlawan

oleh -354 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur-Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023, berlangsung di halaman Kantor Bupati MBD, Jumat (10/11), dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.” Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa.

Sambutan Menteri Sosial yang dibacakan Dandim 1511/Pulau Moa ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Ancaman dan tantangan harus dapat ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah dilaksanakan tetapi pasti bisa, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan. Nilai yang niscaya membawa jejak kemenangan.

Dijelaskannya dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama bersama pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati.

Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Kepala Kejaksaan Negeri MBD, Hery Somantri, SH, MH, Wakil Ketua DPRD MBD, Ever Mozes, Waka Polres MBD, Kompol. Djesy Batara, S.Sos, Pj. Sekretaris Daerah MBD, Drs. Daud Reimialy, Staf Ahli, Para Asisten, Pimpinan OPD, Pabung TNI AL, Pabung TNI AU, Danki Brimob serta Perwira TNI/Polri.(**)