Pasar Ikan Higienis Tiakur Segera Dibangun

87News.com,Tiakur – Pasar ikan higenis yang merupakan bagian dari pelaksanaan SKPT Pulau Moa akan segera dibangun. Lokasi pembangunan pasar ikan higenis ini terletak di lokasi pasar lama Tiakur, yang pengerjaannya sudah mulai dilakukan yang diawali dengan pembongkaran dan pengukuran lahan.

Pembongkaran pasar lama Tiakur ini turut disaksikan oleh Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach bersama Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, Kajari MBD, B. Rudi Hartoko, Wakil Ketua DPRD MBD, Ever Moses, Pj. Sekretaris Daerah MBD, O H Y. Kuara, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, Pimpinan OPD, Camat Moa serta Perwakilan PT. Kurnia Alam Sentosa dan PT. Arsimekon Tata Graha selaku pihak penyedia pembangunan Pasar Ikan Higienis.

Pada kesempatan itu Bupati Noach mengatakan, lahan pasar Tiakur yang dibangun pada tahun 2011 lalu akan digunakan untuk pembangunan Pasar Ikan Higienis sebagai yang merupakan salah satu saran pendukung SKPT Pulau Moa.

“Seiring dengan berjalannya waktu, pasar ini makin tua dan bersamaan dengan itu pemerintah pusat lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan, bekerjasama dengan Japan International Coorperation Agency  (JICA), menetapkan Maluku Barat Daya sebagai salah satu dari 6 titik pengembangan perikanan di Indonesia yang mendapat alokasi pembangunan SKPT. Untuk Provinsi Maluku hanya 2 titik, yakni Tiakur dan Saumlaki,” jelas Noach.

Bupati menambahkan pemerintah daerah dan masyarakat MBD sangat bersyukur dan berterima kasih bagi pemerintah pusat atas penetapan Tiakur sebagai salah satu titik pengembangan perikanan terpadu di Indonesia.

Dikatakannya, lahan pasar lama ini akan dibangun pasar ikan higienis. Di dalam SKPT akan dibangun pasar ikan higienis, pabrik es, cool storage dan pelabuhan pendaratan ikan. Hal ini cukup membantu pemerintah daerah dalam rangka proses percepatan kesejahteraan bagi masyarakat MBD.

Bupati berharap kiranya lewat pembangunan ini, nelayan dan pedagang ikan bisa diperbaiki ekonominya, masyarakat dapat menikmati kualitas ikan yang segar dan investasi lainnya bisa hadir berbarengan dengan industti perikanan yang tumbuh di MBD.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *