Musrenbang RKPD Maluu Sangat Penting Bagi MBD

oleh -158 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, Kamis (13/04) kemarin hadiri dan mengikuti Musrenbang RKPD Provinsi Maluku Tahun 2024, yang dibuka oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail di lantai 5 Hotel Santika.

Dalam arahannya, Murad mengatakan, berangkat dari visi, Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan, dan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Tahun 2019-2024, maka pembangunan Provinsi Maluku tahun 2024 merupakan tahun penentu keberhasilan pencapaian fisik tersebut yang merupakan bagian integral, dalam mewujudkan pembangunan nasional.

“Saya berharap Musrenbang ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif dan akuntabel sehingga tercapainya perencanaan daerah yang semakin berkualitas,” harap Gubernur.

Menurut Mirad Ismail, ada tiga aspek menjadi fokus dalam pelaksanaan Musrenbang ini, yakni perencanaan pembangunan tahun 2024 harus tetap memperhatikan berbagai dampak negatif akibat instabilitas keamanan dunia, ancaman inflasi maupun resesi global. Kemudian mempersiapkan kualitas dan kompetensi SDM sebagai modal dasar untuk berdaya saing, serta penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam melaksanakan pembangunan di daerah dan yang terakhir adalah, seluruh Bupati/Walikota harus melakukan sinergitas program daerah dengan program nasional, serta berkomitmen meningkatkan inovasi daerah guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Maluku.

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, mengatakan Musrenbang RKPD ini sangat penting guna menyusun program daerah yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah pusat, rumusan usulan program/kegiatan dari provinsi Maluku yang didanai oleh APBD dan APBN.

“Ada sejumlah program/kegiatan yang diusulkan ke Provinsi Maluku yang menjadi fokus pembangunan di Kabupaten MBD, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah, “ jelas Noach.

Noach berharap, melalui Musrenbang ini pemerintah provinsi Maluku dapat melakukan penajaman dan klarifikasi sehingga usulan daerah dapat diakomodir.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menuntaskan beberapa program penting di MBD terutama upaya pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur dasar, penanganan stunting, pembukaan lapangan kerja serta peningkatan SDM,”pungkas Noach.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.