Masyarakat Harus Dukung Coklit Data Pemilih

oleh -876 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Sebanyak 279 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) resmi dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 177 Desa dan 1 Kelurahan, Minggu (12/2). Usai pelantikan 279 pantarlih ini langsung mengikuti Apel Kesiapan Pantarlih di masing-masing sekretariat PPS. Kemudian, mereka akan bekerja mulai tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023 mendatang.

Khusus di Kecamatan Moa, Kelurahan Tiakur, Setelah dilantik, Pantarlih PPS Kelurahan Tiakur langsung melaksanakan tugas dengan mengunjungi Kediaman Bupati MBD untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Ketua KPU MBD, Kristiaan Litualy Talupoor, yang turut mendampingi Pantarlih TPS-02 Tiakur menyampaikan, Pantarlih adalah ujung tombak pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih, karena suksesnya tahapan pemilu, sangat bergantung pada data pemilih yang terupdate dan mutakhir.

Pantarlih harus memastikan seluruh kepala keluarga dan anggotanya yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam data pemilih. Oleh karena itu, penting bagi Pantarlih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah setempat sebelum melakukan pendataan.

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Noach, menyambut baik kegiatan Pantarlih tersebut dengan turut memberikan data KTP maupun KK untuk dilakukan pencocokan dan penelitian.

Bupati Noach menegaskan, kehadiran Pantarlih di setiap rumah tangga harus disambut baik oleh seluruh masyarakat MBD dari Serili Pulau Masela hingga Ustutun Pulau Lirang.

“Seluruh masyarakat MBD harus mendukung kegiatan ini, karena untuk memastikan nama bapa ibu ada atau tidak dalam daftar pemilih, sehingga tidak hilang hak pilihnya, “ tegas Noach.

Pada kesempatan itu Bupati Noach mengingatkan seluruh jajaran KPUD Kabupaten MBD agar tetap bekerja dengan semangat dan tetap menjaga netralitas dan integritas.

“Saya ingin mengingatkan seluruh jajaran penyelenggara pemilu untuk bekerja secara baik dengan menjaga integritas dan netralitas, “ tegas Noach.

Untuk diketahui selain Bupati MBD, pejabat daerah yang telah dilakukan coklit data antara lain Wakil Bupati MBD, Pj. Sekretaris Daerah MBD, Ketua DPRD Kabupaten MBD, Lurah dan Sekretaris Lurah.(**)