Lantik 5 Kades, Bupati Noach : 4 Tugas Utama Harus Dijalankan Dengan Baik

oleh -204 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, kembali melantik 5 kepala desa di Kecamatan Wetar, yang pengambilan sumpah dan janji serta pelantikannya berlangsung di Gedung Serbaguna, Tiakur, Jumat (7/10). Acara penalntikan ini turut dihadiri oleh Kapolres MBD, AKBP Pulung Wietono, Kajari MBD, Bambang Rudi Hartoko, Wakil Bupati MBD, Agustinus Lekwarday Kilikily, Wakapolres MBD, Kompol Djesi Batara, Perwakilan Kodim 1511 Pulau Moa, Para Asisten Setda MBD, Pimpinan OPD Lingkup Pemda MBD.

Lima Kepala Desa yang dilantik yakni Kepala Desa Ilway, Kepala Desa Kahilin, Kepala Desa Karbubu, Kepala Desa Klishatu, dan Kepala Desa Ilmamau

Bupati Noach mengatakan, semua boleh tersenyum karena telah melewati proses panjang pemilihan Kepala Desa dengan baik. Dan kini merupakan titik awal untuk para Kepala Desa melangkah dalam memimpin masyarakatnya.

“Tahap ini merupakan titik awal dalam memimpin desa dan masyarakat. Keberhasilan tergantung kepemimpinan membawa rakyat menuju kesejahteraan serta roda pemerintahan desa yang berjalan dengan baik dan patuh pada aturan yang berlaku. Ingat, Kepala Desa yang baru dilantik telah berjanji dihadapan Tuhan dan manusia dan juga telah menandatangani Pakta Integritas yang disaksikan oleh Bupati, Kapolres dan Kajari, bahwa ini bukan suatu permainan tetapi ini adalah sumpah untuk melaksankan tugas-tugas Kepala Desa dengan sebaik-baiknya, “ tegas Noach.

Kepada kepala desa yang baru dilantik, Bupati menekankan 4 tugas utama yang harus dijalankan dengan baik, yakni melaksanakan tugas pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, melaksanakan pembinaan bagi masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat

Terkait hal itu, Noach berharap, agar para Kepala Desa dapat menjalankan roda pemerintahan di desa dengan tidak ragu-ragu, membangun komunikasi yang baik dengan OPD teknis, dan menggunakan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Selain itu, para Kepala Desa dapat membangun komunikasi yang baik dengan semua stakeholder yang ada di desa, serta dapat mengajak semua pihak untuk berdiskusi demi membangun desa mereka ke depan.

“Saya harap, saudara-saudara dapat menjalankan pemerintahan ini dengan tidak ragu-ragu, rajin berkomunikasi dengan dinas dan tidak usah takut menggunakan dana desa. Dana desa dapat dipakai tetapi harus dirancang dengan baik dengan masyarakat dan transparan serta berdayakan masyarakat dengan potensi yang ada di desa, dorong dan bantu agar dapat berkembang bersama-sama,” jelas Noach.

Menurutnya dengan potensi alam yang dimiliki di Pulau Wetar, seperti madu, jambu mete, potensi ternak dan potensi perkebunan maka masyarakat desa dapat diberdayakan, Pemerintah Daerah akan membantu pembangunan infrastruktur jalan agar akses di Pulau Wetar semakin membaik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Noach juga berharap, agar Kepala Desa yang baru dilantik ini dapat membawa berkat bagi desanya dan kepada Kabupaten Maluku Barat Daya.(**)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.