Bupati Noach Saksikan Peluncuran Program DP3 Oleh KPU MBD

87News.com,Tiakur – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (29/6) lalu meluncurkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dilaksanakan di balai desa Wakarleli, demgam dihadiri langsung olrh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach yang turut dihadiri oleh Dandim 1511 Pulau Moa, Wakil Ketua I DPRD Kab. MBD, Perwakilan Polres MBD, Perwakilan Kajari MBD, Ketua dan Anggota Bawaslu, Pimpinan OPD terkait, Sekretaris TP. PKK Kab. MBD, Kepala Desa berserta staf Desa Wakarleli dan 20 orang peserta kegiatan

Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) merupakan program unggulan yang telah dicanangkan oleh KPU RI untuk membentuk Kader Pemilu dan Pemilihan yang menjangkau sampai ke tingkat desa dan kelurahan di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan partisipasi masyarakat luas dan juga dukungan Pemerintah Daerah.

Dalam laporannya Ketua KPUD MBD, Kristiaan L. Talupoor mengatakan dipilihnya Desa Wakarleli Kecamatan Pulau Moa sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan karena Desa Wakarleli merupakan desa dengan jumlah pemilih yang sangat tinggi. Sesuai data pada pemilihan terakhir, partisipasi masyarakat sekitar 93%.

Pada kesempatan itu Bupati Noach dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah dalam menjalankan tugas-tugasnya selalu mengedepankan kerjasama yang harmonis dengan berbagai lembaga pemerintah, baik struktural maupun fungsional dalam kaitan dengan berbagai kebijakan dan strategi serta program untuk memberdayakan masyarakat di berbagai bidang.

”Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang digagas KPU merupakan program sinergitas antara Pemerintah dengan lembaga-lembaga struktural dan fungsional termasuk KPUD MBD. Program ini penting karena membantu pemerintah untuk turut mensosialisasikan pengetahuan dan pemahaman tentang pemilu dan pemilihan dengan jalan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Jika masyarakat sudah memahami fungsi dan perannya pada setiap moment politik, maka akan medorong peningkatan partisipasi dan kesadaran berpolitik bagi masyarakat dari waktu ke waktu” jelas Bupati.

Lebih lanjut kata Bupati program ini merupakan penghargaan bagi Pemerintah dan masyarakat kerena sangat terkait dengan program pembinaan politik berwawasan kebangsaan bagi masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan pembangunan yang sementara gencar dilaksanakan saat ini. Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini karena diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan seluruh masyarakat MBD terutama dalam kesiapan menyambut pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

 

Pos terkait