Bawang Merah MBD, Terobosan Baru PKK

  • Whatsapp

87News.com,Lakor – PKK Kecamatan Pulau Lakor berhasil membuat terobosan baru dengan mengembangbiakan bawang merah di Desa Yamluli. Dan untuk pertama kalinya, Kabupaten Maluku Barat Daya melakukan panen raya bawang merah.

Konsep memotivasi masyarakat di Pulau Lakor untuk menekuni pertanian bawang merah adalah sama dengan merubah batu karang menjadi tanah yang gembur. Karena bukanlah hal yang mudah untuk memotivasi masyarakat untuk melakukan hal-hal baru.

Panen raya ini dilaksanakan pada, Selasa (7/9) lalu dan dipimpin langsung olehWakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily bersama Ketua Tim PKK Kabupaten MBD, Rely Lobloby Noach dan didampingi Sekda MBD, Alfonsius Siamiloy dan camat Pulau Lakor, Irfab Boby Alerbitu.

Wakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily mengatakan, produksi bawang merah tidak merata sepanjang tahun. Jika pada musim hujan produksi akan berkurang hingga menyebabkan harga pasar akan melonjak naik, begitupun sebaliknya.

“Jangan terlena dengan hasil yang tinggi, karena kedepannya harus mengatur jadwal tanam. Harus sesuai dengan petunjuk teknis dinas pertanian maupun penyuluh pertanian,” pesannya.

Kilikiky mengakui, potensi dan kualitas bawang merah di Kabupaten MBD merupakan salah satu produk unggulan. Namun perlu diperhatikan perawatannya, agar kualitas bawang akan tetap terjaga baik.

“Jika pola tanam dapat diaga dengan baik, maka akan berdampak baik pula pada hasil dan kualitasnya. Kedepannya komoditi bawang di Lakor dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat serta dapat membantu upaya pemerintah memajukan Kabupaten MBD dari sektor pertanian, ” pungkas Kilikily.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *