8 Kades Di Babar Timur Resmi Dilantik

87News.com,Tiakur – Delapan desa yang ada di Kecamatan Babar Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, akhirnya memiliki kepala desa (Kades) difinitif, setelah Rabu (13/7) kemarin Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach melantik dan mengambil sumpah ke delapan kepala desa yang ada di Kecamatan Babar Timur.

Kedelapan kepala desa yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach yakni, Johand Herluly sebagai Kades Emplawas, Ekman Latusuay sebagai Kades Tutuwawang, Philipus Onaola sebagai Kades Manuweri, Frits Oraile sebagai Kades Analutur, Kades Ahanari adalah Yermias Jeferson Eirumkuy, Kades Wakpapapi adalah Hektor Heremku, Kades Kokwari adalah Menase Lexikard Oraplean dan yang dilantik sebagai Kades Letwurung adalah Selkius Lakburlawal.

Bupati Noach dalam sambutannya saat pelantikan kedelapan kepala desa di kecamatan Babar Timur itu mengungkapkan, otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah. Maka pemerintah daerah berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada diwilayahnya.

Hal itu bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya, yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Ditambahkan, Dalam menyelenggarakan otonomi desa sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa di samping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa dimaksud maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya, ” ungkap Noach.

Pada bagian lain sambutannya, Bupati Noach mengingatkan kepada para kepala desa yang baru saja dilantik agar bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas mereka, sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu kepala desa harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD.

“Saya berharap kiranya saudara saudara mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka menciptakan Maluku Barat Daya yang sejahtera, ” pungkas Bupati Noach.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.