20 April 2023, Puncak Gerhana Matahari Total di Pulau Kisar

oleh -421 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Gerhana Matahari Total yang merupakan rangkaian dari fenomena Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi Kamis (20/4) mendatang.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana Matahari hibrida adalah gerhana Matahari yang terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris.

Gerhana Matahari Hibrida akan menunjukkan Matahari seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Sedangkan di tempat lainnya, Matahari seakan- akan tertutupi Bulan.

Gerhana Matahari Hibrida kali ini merupakan gabungan gerhana Matahari total dan gerhana Matahari sebagian.

Sementara itu, jalur total gerhana Matahari hibrida akan melewati 3 provinsi, yaitu Maluku, Papua Barat, dan Papua. Kemudian daerah lainnya dapat menyaksikan gerhana Matahari sebagian dengan magnitudo gerhana tertentu.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023) menjelaskan salah satu daerah di Indonesia yang terlewati jalur Gerhana Matahari Total yaitu Kisar – Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Salah satu daerah di Indonesia yang terlewat Jalur Gerhana Matahari Total yaitu di Pulau Kisar,” jelasnya.

Dikatakan, sebagaian wilayah Maluku akan mengalami gerhana matahari sebagian karena merupakan wilayah utara dan selatan dari jalur Gerhana Matahari Total.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.