Waspada Banjir Rob di Pesisir Maluku

  • Whatsapp

87News.com,Ambon – Warga masyarakat di Maluku yang bermukim di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai adanya banjir pesisir atau Rob yang sewaktu waktu dapat terjadi.

Himbauan in disampaikan Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Ambon, dalam rilisnya yang diteeima redaksi delapan7news.com, Senin (24/5).

Dalam rilisnya disebutkan, wilayah-wilayah pesisir di Maluku yang berpotensi terjadi banjir rob adalah pesisir wilayah Seram Bagian Timur, pesisir selatan pulau Seram, pesisir pulau Ambon – Lease, pesisir kepulauan Tanimbar, pesisir kepulauan Kei, dan pesisir kepulauan Aru.

Banjir rob ini dapat terjadi karen adanya pengaruh dari aktifitas astronomi. Dimana fase bulan purnama perigee (super blood moon), yaitu posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Hal ini menyebabkan potensi padang maksimum dan ditunjang dengan keadaan gelombang serta curah hujan yang cukup tinggi. Dan juga dapat mempengaruhi dinamika pasang surut yang berpotensi terjadinya banjir rob di wilayah Maluku.

Peringatan dini dari BMKG Stasiun Maritim Ambon ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 31 Mei 2021.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *