Warga Taat, Kota Ambon Keluar Dari Zona Merah

  • Whatsapp

87News.com,Ambon – Langkah Pemerintah Kota Ambon dalam meredam dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon mulai berbuah manis. Walau awal-awalnya mendapat tanggapan negatif mulai dari nyinyiran maupun cemooh sebagian warga, Pemkot tetap menerapkan  pemberlakukan PKM hingga PSBB jilid II.

Kepada wartawan di balai kota Ambon, Selasa (7/7), Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, buah manis itu, menghasilkan data terbaru dari Kementrian Kesehatan, menyebutkan Kota Ambon termasuk 1 dari 17 kota/kabupaten di Indonesia yang berubah status dari zona merah ke zona orange.

‘’Saya baru diberitahukan, bahwa Kota Ambon kini berubah status dari zona merah ke zona orange. Artinya kita turun status dari daerah dengan resiko terdampak COVID-19 tertinggi, menjadi daerah resiko sedang,’’ungkap Walikota Ambon yang juga Ketua GTPP Covid-19 Kota Ambon.

Dikatakannya, dengan penurunan status ini, menunjukan bahwa upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Ambon melalui PKM dan PSBB menampakan hasilnya.

‘’Ini karena kerja keras kita semua, terutama masyarakat. Pemerintah hanya menetapkan aturan, dan pelaksanaannya adalah masyarakat. Ini buah dari sebuah ketangguhan warga Ambon. Saya bangga atas apa yang telah masyarakat tunjukan selama ini,’’katanya.

Louhenapessy mengaku, dimanapun sebuah kebijakan atau keputusan tidak pernah secara bulat diterima semua pihak.

‘’Saya bangga karena warga Kota Ambon sangat peduli dan mengikuti anjuran pemerintah, walau memang belum semuanya, dan masih terdapat kekurangan disana-sini,’’ujar Louhenapessy.

Ditambahkannya, jika PSBB tahap II ini bisa berjalan dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan, Kota Ambon juga akan turun level ke zona kuning atau daerah resiko terdampak rendah.

‘’Kita harus terus meningkatkan kewaspadaan, agar jangan kita terperosok lagi ke zona merah. Ini pekerjaan berat kita kedepan,’’pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *