Warga Binaan Lapas Kelas IIA Ambon Rekam e-KTP

oleh -121 Dilihat
oleh

87News.com,Ambo – Sekitar 20 warga binaan Lapas Kelas IIA Ambon, Kamis (1/2) melakukan perekaman e-KTP, yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon.

Perekaman e-KTP yang berlangsung di Lapas Kelas IIA Ambon itu, disaksikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon dan Kepala Lapas Kelas IIA Ambon, Mukhtar Tompo.

Menurut Bodewin Wattimena, perekaman e-KTP kepada puluhan warga binaan Lapas Kelas IIA Ambon merupakan wujud dukungan dan perhatian Pemeeintah Kota Ambon kepada warga binaan, sehingga hak suara mereka dapat tersalurkan di Pemilu dan Pemilukada 2024.

“Saat kami koordinasi dengan Kalapas ternyata ada sekitar 20 warga binaan yang belum melakukan perekaman e-KTP, sehingga hari ini kami bersama Disdukcapil Kota Ambon datang dan lakukan perekaman, jadi saat pesta demokrasi mereka bisa salurkan hal mereka dengan baik karena sudah ada identitas diri, ” ungkap Wattimena.

Dikatakan, selain melakukan perekaman e-KTP, Disdukcapil Kota Ambon juga membantu sejumlah warga binaan asal Kabupaten/kota lain di Maluku yang telah melakukan perekaman, namun e-KTP nya hilang atau tercecer.

“Karena data KTP ini kan sudah terintegrasi secara nasional, tinggal sebut nama dan tanggal lahir, kalau sudah pernah lakukan perekaman maka akan muncul dan bisa dicetak KTPnya, jadi kami juga minta ke Capil untuk membantu cetak ulang KTP mereka, ” jelas Wattimena.

Perekaman e-KTP ini harapnya memberikan manfaat kepada warga binaan lapas kelas IIA Ambon.

“Ini kan bentuk perhatian kita, mereka tidak merasa sendiri, apa kesulitan mereka bisa kita bantu,”terangnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Ambon, Mukhtar Tompo mengaku, jumlah warga binaan lapas kelas IIA Ambon saat ini sebanyak 420 orang.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) 383 orang dan terdapat 2 TPS yakni TPS 902 dan 903.

“Untuk perekaman hari ini memang yang belum sama sekali lakukan perekaman ada 20 orang, tapi sisanya ada lebih 100 orang itu sudah perekaman, namun karena KTP, sehingga nanti di bantu untuk cetak e-KTP ulang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu menjelaskan, proses perekaman ini dilakukan jelang pesta demokrasi lima tahunan (Pemilu) dan Pemilukada 2024.

“Ini merupakan program jemput bola yang kami lakukan untuk membantu masyarakat di Kota Ambon mendapatkan hak sebagai warga negara dengan memiliki identitas berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Dan hari ini sekitar 20 orang yang kami lakukan perekaman, serta membantu cetak ulang e-KTP warga binaan yang tercecer maupun hilang,” jelas Tamtelahitu.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.