Wakil Bupati MBD Buka Bimbingan Manasik Haji 2022

87News.com,Tiakur – Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

Pada Senin (13/6) kemarin, Kementrian Agama Kabupaten MBD melakukan bimbingan Manasik Haji 1443 Hijriah 2022, bagi calon jamaah haji asal Kabupaten MBD, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati MBD, Agustginus Lekwarday Kilikily.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kilikily atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kementrian Agama MBD dan semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya bimbingan ini, guna memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik, dan benar, sehingga nantinya dalam melaksanakan ibadah di tanah suci dapat berjalan lancar, sehat dan menjadi haji yang mabrur.

Menurutnya, ibadah haji merupakan sebuah pengalaman rohani yang tidak mungkin bisa dilupakan dan harus dipersiapkan dengan matang. Olehnya itu, manasik untuk para calon jamaah haji bukan sekedar pengetahuan untuk beribadah haji saja, namun juga memberikan bekal, yang semoga cukup dan bermanfaat dipraktekkan di tanah suci.

“Saya berharap jamaah calon haji Kabupaten MBD agar dapat mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh, mengingat beberapa hari kedepan jamaah calon haji akan diberangkatkan. Hendaknya menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan manasik berlangsung, agar para jamaah lebih siap dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan tidak kekurangan suatu apapun,” harapnya.

Kilikily juga berpesan kepada calon Jemaah haji, untuk mempersiapkan diri baik mental maupun rohani, membersihkan hati, bertaubat, menyambung silaturahmi, membayar hutang, berbekal harta yang halal, lebih memperdalam ilmu agama, rajin mengikuti manasik haji, memantapkan niat untuk menunaikan ibadah haji, dan yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kesehatan.

Turut hadir pada acara pemukaan bimbingan Manasik Haji 1443 adalah Sekretaris Daerah MBD yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum, Ketua Kladis Leti Moa Lakor, Ketua MUI, Pimpinan OPD, Dewan Kemakmuran Masjid, Imam Masjid, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan.(**)

Pos terkait