Tahun Ini BPN Akan Terbitakan 4000 Sertifikat Kepada Pemda dan Masyarakat MBD

  • Whatsapp

87News.com,Tiakur – Menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan urusan pertanahan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, Jumat (19/3) meresmikan Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten MBD yang berlokasi di Blok D Kompleks Perumahan Pemda.

Dalam kesempatn itu Bupati Noach mengatakan, saat ini urusan pelayanan pertanahan kepada masyarakat MBD sudah dapat terpenuhi. Diharapkan kedepannya pelayanan persertifikatan tanah akan berjalan dengan lebih baik.

“Sementara ini pemerintah daerah hanya dapat membantu memberikan satu unit rumah untuk dijadikan tempat untuk melayani masyarakat. Semoga dengan kesederhanaan ini, pelayanan pertanahan tidak akan berkurang, “harap Noach.

Dikatakannya, saat ini pemerintah daerah juga masih memiliki banyak tanah yang belum bersertifikat. Diharapkan dengan hadirnya Perwakilan Kantor Pertanahan di Kabupaten MBD, maka semua permasalahan ini dapat segera terselesaikan.

“Diharapkan kedepannya Perwakilan Pertanahan di Kabupaten MBD dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah dapat menyelesaikan seluruh permasalahan tanah pemerintah yang belum disertifikasi, tambah Bupati Noach.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional Provinsi Maluku, Toto Sutantono, SH dalam sambutannya dalam tahun 2021 Kabupaten MBD ditargetkan memperoleh 4000 sertifikat yang terdiri dari 1000 bidang tanah dari progran PTSL dan 3000  bidang tanah dari program retribusi tanah.

Untuk itu Sutanto sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah agar program retbribusi tanah pada tahun ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Dikatakannya, berdasarkan laporan Kepala Kantor Pertanahan Kepulauan Tanimbar, bahwa dari 36.000 bidang tanah di Kabupaten MBD, telah diterbitkan sebanyak 18.754 sertifikat dan tanah yang belum bersertifikat sebanyak 17.246 bidang tanah yang masih harus diproses lebih lanjut.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan Sertifikat Tanah secara simbolis dari Kepala BPN Provinsi Maluku kepada Pemerintah Kabupaten MBD dan kepada perwakilan masyarakat.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *