Sholat Id di MBD Dilakukan Dirumah Secara Berkelompok

  • Whatsapp

87News.com,Tiakur – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (20/5) melakukan Rapat Lintas Sektoral dalam Rangka Membahas Pelaksanaan Kegiatan Malam Takbiran dan Sholat Idul Fitri 1441 H di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya

Rapat yang berlangsung di ruang rapat kantor Polres MBD dipimpin langsung oleh Bupati MBD,Benyamin Thomas Noach dengan didampingi Kapolres MBD AKBP S.Norman Sitindaon,S.I.K.

Bupati Noach dalam arahannya mengatakan, surat edaran MUI telah disepakati antara pemerintah kabupaen MBD dengan MUI MBD, bahwa Sholat Id untuk wilayah Kabupaten MBD tetap beribadah dirumah saja.

“Dengan kondisi sekarang ini, kita harus mulai merubah pola hidup kita dengan cara hidup dislipin sesuai dengan protokoler kesehatan, “tegas Bupati Noach.

Selain itu ada beberapa pertimbangan terkait dengan penutupan wilayah Kab.MBD. Karena lebih baik kita mencegah dari pada kita mengobati. karena fasilitas – fasilitas kesehatan kita masih sangat terbatas dan minim, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten MBD, Stefanus Tia menanggapi baik arahan Bupati MBD. Tia mengatakan, sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku, agar pelaksanaan Sholat Idul Fitri tahun ini tetap dilaksanakan di rumah saja.  

“Saya sangat setuju kalau sholat Idul Fitri dilaksanakan di rumah saja. Karena virus covid-19 tidak mudah kita mendeteksi. Dan saya berharap keputusan ini tidak menimbulkan pandangan yang keliru dari basodara kita yang beragama muslim, “kata Stefanus Tia.

Sementara itu, Imam Masjid Nurul Imam Kalwedo, H.Masrukin juga setuju apabila sholat Idul Fitri dilaksanakan dirumah aja. Akan tetapi dilakukan secara berkelompok. Karena menurutnya, sholat ini tidak bisa diganti dengan sholat yg lain karena walaupun dilaksanakan dirumah tapi harus ada khotbanya.

Keputusan Rapat Lintas Sektoral dalam Rangka Membahas Pelaksanaan Kegiatan Malam Takbiran dan Sholat Idul Fitri 1441 H di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, antara lain pelaksanaan Ibadah sholat id tetap dilakukan dirumah, tetapi secara berkelompok.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *