Pemkot dan TP – PKK Mulai Gemari Bersemi TTD Bagi Remaja Putri

oleh -328 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas PPKB, berkerjasama dengan Tim Penggerak (TP) – PKK Kota Ambon, memulai Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) kepada para remaja putri (siswi) di SMP Negeri 2, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe Senin (23/10/23).

Kegiatan yang dinamakan “Gerakan Remaja Putri Bersama di Hari Senin Minum (Gemari Bersemi) TTD” ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dilaksanakan dengan para Kepala Sekolah (Kepsek) Kamis (19/10/23) di Balai Kota.

Pj. Ketua TP – PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, disela-sela kegiatan mengatakan, pemberian TTD sangat penting bagi remaja putri yang telah memasuki masa pubertas.

“Di masa pubertas remaja putri akan mengalami haid setiap bulannya sehingga membutuhkan zat besi dua kali lipat agar tidak menderita Anemia (kurang darah),” ungkapnya.

Selain untuk pencegahan anemia, manfaat minum TTD juga untuk menjaga kemampuan berpikir dan daya tahan tubuh, menunjang fase tumbuh kembang dengan pemenuhan zat besi sebagai investasi kesehatan jangka panjang.

“Anemia juga menyebabkan remaja putri mengalami berbagai kondisi seperti penurunan imunitas, sehingga rentan terpapar berbagai penyakit infeksi” tambah Wattinena.

Menurutnya, Pemberian TTD juga menjadi upaya pencegahan Stunting sebab Anemia menjadi salah satu faktor penyebab ibu-ibu melahirkan anak Stunting. Untuk itu, dengan pemberian TTD kepada para remaja Putri, kedepan dapat memenuhi kebutuhan gizi serta mencegah mereka melahirkan anak dengan kondisi Stunting.

“TTD dapat mengurangi potensi Anemia, sehingga kedepan dapat mencegah ibu nantinya melahirkan anak dengan kondisi Stunting,” tandasnya.

Dirinya berharap Gemari Bersemi TTD ini mendapat dukungan dari semua Kepsek dan para siswi SMP di Kota Ambon. Olehnya itu, kegiatan ini akan dilanjutkan pada seluruh kecamatan.

Untuk diketahui, turut hadir dalam Gemari Bersemi TTD di SMP Negeri 2, para Kepsek dan para Kepala Puskesmas se Kecamatan Nusaniwe.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.