Pemkab MBD Salurkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Di Wulur

87News.com,Tiakur – Setelah menyatakan Maluku Barat Daya dalam status tanggap darurat bencana. Pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya langsung bertindak cepat. Bantuan berupa kebutuhan pokok masyarakat disalurkan kepada korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya.

Penyerahan bantuan tanggap darurat bencana bagi korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur Kabupaten Damer ini diserahkan bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach Sabtu (2/7/2022) di Pelabuhan Kaiwatu,.dan diterima Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Maluku Barat Daya Dalma Eoh.

Pada kesempatan tersebut Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach mengungkapkan. Bantuan yang diberikan pemerintah daerah kabupaten Maluku Barat Daya ini merupakan bantuan awal. Guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur Kecamatan Damer.

“Selanjutnya kita akan melihat apalagi yang dibutuhkan korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur. Untuk selanjutnya pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya alam kembali menyalurkan bantuan, ” papar bupati Noach.

Ditambahkan Noach. pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya akan tetap berada bersama.rakyat dalam keadaan apapun. Apa yang dirasakan korban banjir dan tanah longsor di Wulur juga dirasakan oleh pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya dan seluruh masyarakat Maluku Barat Daya.

“Saya berharap bantuan yang diberikan ini dapat disalurkan dengan baik dan tepat sasaran kepada korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur. Memang bantuan ini belum dapat menutup luka akibat bencana yang terjadi. Tetapi paling tidak dapat meringankan beban yang dialami para korban banjir dan tanah longsor, ” ungkap Noach.

Adapun bantuan bahan pokok yang diberikan pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya guna disalurkan kepada korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur Kecamatan Damer antara lain, beras sebanyak 2 ton, mie instant sebanyak 75 karton, gula pasir sebanyak 100 kilo gram dan obat obatan.

Selain menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan tanah longsor di desa Wulur Kecamatan Damer, pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya juga akan menyalurkan bantuan bagi desa desa lainnya yang terkena bencana alam di kabupaten Maluku Barat Daya.

Dari data yang disampaikan oleh BPBD Kabupaten MBD, di Kecamatan Damer, Desa Wulur, 98 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 410 jiwa telah diungsikan ke Balai Desa setempat, dan untuk Kecamatan Romang Dusun Rumkuda sebanyak 8 jiwa mengungsi.

Dampak kerusakan lainnya adalah sebanyak 60 rumah rusak dan akses jalan ke kebun terputus di desa Wulur,

Sementara di kecamatan Romang 4 rumah rusak berat (2 unit rumah hanyut), 4 jembatan rusak, serta di Kecamatan Babar Timur 1 jembatan yang menghubungkan Kokwari dan Letwurung rusak.

Sesang di Kecamatan Babar Timur masyarakat mengungsi di Gereja Kokwari, SD Inpres Kokwari dan di Gereja Jemaat GPM Letwurung, pemerintah Kecamatan dan Desa telah menyediakan bahan makanan untuk didistribusi kepada para Pengungsi.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.