Pemkab MBD Lakukan Mitigasi Bencana

oleh -218 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus Lekwarday Kilikily mengatakan, Kabupaten MBD merupakan kabupaten dengan indeks resiko bencana tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Sesuai data yang dirilis oleh BNPB Tahun 2020, sehingga wilayah Maluku Barat Daya sangat memiliki resiko bencana alam yang tinggi termasuk gempa bumi dan tsunami.

“Pemerintah daerah terus berupaya menurunkan indeks resiko bencana tersebut yang dititik beratkan pada mitigasi bencana. Hal ini dilakukan melalui upaya membangun kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat di masing-masing pulau untuk menghadapi aman multi bencana, “ jelas Kilikily.

Kabupaten Maluku Barat Daya memiliki potensi gempa bumi dan tsunami disebabkan oleh tumpukan tiga lempeng dunia, dilewati ring of fire, terdapat sesar aktif/subduksi, juga memiliki karakter pulau kecil dan memiliki sejarah gempa bumi dan tsunami. MBD juga memiliki dua gunung berapi aktif, yakni gunung api Damer dan gunung api Wetar. Gunung api Wetar memiliki ketinggian lebih dari 5000 meter dari bawah laut.

Wakil Bupati Kilikily bilang, sarana sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami harus terus dilakukan.

Kilikily berharap, kondisi MBD pasca gempa 7,9 kemarin cepat pulih sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali normal. Selain itu, proses penyaluran bantuan akan segera dilakukan, mengingat kondisi cuaca yang kurang bersahabat.(**)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.