Pemkab MBD Dukung Bakti Sosial PMI

oleh -361 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menyampaikan apresiasi dan dukungan serta siap membantu pelaksanaan bakti sosial berupa pemeriksaan mata, operasi katarak dan operasi pterigyum oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan International Comittee of the Red Cross (ICRC) atau Komite Internasional Palang Merah bekerja sama dengan Klinik Mata Utama Maluku yang akan digelar di Tiakur pada 1-3 November 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Drs. Daud Reimialy saat menerima Pengurus PMI Kabupaten MBD diruang kerjanya, Senin (02/10/2023).

Dijelaskan, pelayanan kesehatan seperti ini merupakan kegiatan positif dan wajib didukung karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat MBD, apalagi bakti sosial ini menyasar masyarakat dengan keluhan sakit mata.

“Pemerintah Daerah sangat mendukung dan memberikan apresiasi bagi pengurus Pusat PMI dan ICRC yang mau membantu kami di MBD. Apalagi kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Tiakur,” ungkap Reimialy.

Ia mengatakan, informasi kegiatan ini perlu disampaikan ke seluruh masyarakat yang ada di wilayah kecamatan, sehingga masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini. Pemerintah Daerah akan segera menyampaikan pemberitahuan bagi para camat dan kepala desa untuk mendaftarkan warganya yang memiliki keluhan sakit mata. Rencana bakti sosial ini dapat terlaksana dengan baik dan banyak masyarakat yang terlayani lewat kegiatan yang dilaksanakan PMI.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten MBD, Rommi I. Rumambi, S.Pi menyampaikan, pelayanan bakti sosial ini akan diikutsertakan sejumlah dokter spesialis mata dan tenaga medis lainnya yang berjumlah 12 orang selama tiga hari di RSUD Tiakur. Pelayanan yang diberikan antara lain pemeriksaan mata umum, operasi katarak, operasi pterigyum dan pembagian kacamata baca secara gratis sesuai hasil pemeriksaan dan rekomendasi dokter.

“Sesuai dengan data yang diterima, lebih dari 400 orang yang telah mendaftarkan diri hingga saat ini dengan keluhan paling banyak yakni rabun, mata berair hingga katarak dan pterigyum. Pendaftaran akan terus dibuka hingga nanti ditutup pada 30 Oktober 2023 mendatang,,” jelasnya.

Ia menyampaikan terima kasih bagi Pemkab MBD maupun RSUD yang telah menerima dan meresponi rencana kegiatan ini dengan baik bahkan siap membantu dan mendukung hingga kegiatan selesai

Ia berharap masyarakat MBD dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik sehingga kehadiran PMI di MBD dapat memberikan manfaat bagi semua orang.(**)