Kunjungi Kecamatan Leti, Bupati Noach Sosialisasi MBD Satu Data

  • Whatsapp

87News.com,Leti – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach mengingatkan aparatur di tingkat Kecamatan hingga desa, tentang pentingnya data bagi pembangunan di Maluku Barat Daya. Olehnya itu Pemerintah Kabupaten MBD dalam waktu dekat akan meluncurkan Program MBD Satu Data.

Pentingnya program MBD Satu Data ini menurut Bupati Noach, agar pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten MBD tepat sasaran. Begitu juga dengan bantuan dan stimulan yang diberikan pemerintah akan tepat sasaran. Demi terciptanya Maluku Barat Daya yang maju dan sejahtera, maka diperlukan dukungan data yang akurat dan up to date.

Ini diungkapkan Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach ketika melakukan tatap muka bersama masyarakat saat melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Ari Kilikili dan sejumlah kepala OPD dilingkup Pemkab MBD di 3 Desa Kecamatan Leti, yakni desa Batmiau, Luhuleli dan desa Laitutun, Senin (23/6)..

Dikatakannya, MBD Satu Data juga akan memuat jumlah penduduk, potensi wilayah hingga data PNS yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya. Olehnya itu seluruh desa harus memiliki website desa yang memuat data statistik dan juga seluruh potensi yang ada di desa tersebut, agar seluruh masyarakat dapat mengetahuinya dengan sekali klik. Dan program MBD Satu Data ini juga membutuhkan tenaga atau operator yang dapat bertugas untuk meng-upload seluruh data dan potensi yang ada di desa secara berkala..

“Dalam MBD Satu Data akan memuat tentang jumlah penduduk pada pada satu desa. Juga akan memuat tentang potensi yang ada pada desa tersebut, hingga data pegawai yang ada di MBD. Maka selain mempersiapkan operator baik untuk tingkat kecamatan maupun desa. Maka setiap desa juga harus memiliki web site. Hal ini juga bertujuan selain memuat tentang data dan statestik desa. Web site ini juga berguna memperkenalkan desa dan potensinya kepada masyarakat luas, “jelas Bupati Noach.

Bupati Noach juga menekankan tenang pentingnya peranan Bumdes dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa. Bumdes dikelola dengan baik agar dapat membawa dan memperlabakan keuntungan dari modal dan bukan sebaliknya.
.
“Pengelolaan Bumdes harus baik, terarah dan transparan. Semua kegiatan Bumdes haruslah dibicarakan dengan perangkat dan masyarakat desa lewat Musrembang tingkat desa, “tandas Noach.

Dalam kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati MBD, Benyamin Thimas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Letti yang telah menyukseskan pemilihan Bupatai dan Wakil Bupati dan mempercayakan dirinya bersama Ari kilikily sebagai Bupati dan Wakil Bupati MBD periode 2021 – 2026.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *