Kisar Hadapi GMT 2023

oleh -334 Dilihat
oleh

87News.com,Kisar – Gerhana matahari hibrida yang diperkirakan akan terjadi pada Kamis, 20 April 2023 besok, akan dapat dilihat/diamati oleh seluruh masyarakat Indonesia, Namun daerah yang berada di jalur totalitas berkesempatan menyaksikan salah satu fenomena alam yang paling menakjubkan itu, yaitu Gerhana Matahari Total (GMT).

Di wilyah Maluku hanya beberapa daerah yang masuk dalam jalur totalitas, diantaranya Pulau Kisar, Pulau Maopora dan Desa Batumerah Pulau Damer di Kabupaten Maluku Barat Daya. Pulau Kisar memiliki waktu terjadinya GMT dalam durasi yang lama yakni 1 menit 5 detik. Sementara wilayah lainnya di Indonesia kecuali A
Fenomena langka ini yakni GMT di Pulau Kisar akan disaksikan langsung oleh sejumlah ilmuwan yang saat ini sudah berada di Kisar.

Saat ini telah ada sejumlah ilmuwan dan wisatawan di pulau Kisar dan diperkirakan masih akan terus datang hingga tanggal 20 April 2023 besok. Mereka akan meneliti atau mengamati langsung GMT, karena durasi pengamatan di pulau Kisar berlangsung dalam durasi yang lama.

“Para peneliti sebanyak 10 orang dari Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung telah tiba di Kisar sebagai pelaksana dalam kegiatan edukasi dan pengamatan GMT,” tutur Jhon Mosse, camat Pulau Kisar.

Mosse mengatakan, selain pengamatan GMT, Pemkab MBD juga berkolaborasi dengan AM GPM Daerah Pulau Kisar melaksanakan berbagai kegiatan menyambut pengamatan GMT, seperti Gebyar PAUD, Pameran Astronomi, Festival Pangan Lokal, Tour Wisata serta Pentas Seni dan Budaya.
“Banyak sekali agenda yang dilakukan menyambut GMT bahkan akan hadir secara langsung Bapak Bupati dan Wakil Bupati MBD bersama ibu dan Forkopimda serta pimpinan dan staf dari Tiakur Ibukota Kabupaten MBD,” paparnya.
Ia berharap, semua persiapan hingga akhir kegiatan edukasi dan pengamatan GMT di Pulau Kisar dapat berjalan dengan baik dan memberikan kesan serta pengetahuan bagi seluruh masyarakat bahkan memberikan dampak ekonomi bagi para pelaku usaha.
“Persiapan akan terus dilaksanakan dan kami berharap rangkaian kegiatan GMT ini dapat berjalan dengan baik dan sukses,” harapnya.a

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyampaikan bahwa durasi puncak gerhana di Kisar berlangsung 1 menit 5 detik pada pukul 13.22.56 WIT. Sementara, durasi puncak gerhana di Pulau Biak adalah 1 menit 2 detik pada pukul 13.57.13 WIT.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.