Ketua KPU Maluku : Pemilukada MBD Harus Berjalan Aman dan Damai

  • Whatsapp

87News.com,Tiakur – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (8/1) lalu melaksanakan  Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD, tahun 2020, di Gedung Serbaguna Pemkab MBD, dibawah sorotan tema “Pilkada Damai Di Bumi Kalwedo”.

Dengan dihadiri Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T beserta seluruh Forkopimkab dan juga tiga Anggota Komisioner KPU Propinsi Maluku dan seluruh pimpinan OPD Kabupaten MBD, kegiatan ini di gelar sebagai tanda kesiapan dan pernyataan bersama untuk melaksanakan dan mensukseskan Kepala Daerah di Kabupaten MBD, yang  akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang.              

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU MBD memperkenalkan Maskot dan Jinggle Pilkada yaitu ‘MARINYO MBD’ yang diambil dari tradisi masyarakat Maluku Barat Daya yaitu seorang marinyo atau tukang tabaos yang meniup bia atau tahuhuri, sebagai tanda untuk mengumpulkan orang banyak dan berpegang tangan untuk berdendang diiringi pukulan tifa sebagai tanda merayakan pesta kemenangan tanpa iri hati dan dendam. “Marinyo sangat di percaya oleh masyarakat karena merupakan orang kepercayaan Kepala Desa maka, di saat ini KPU MBD siap menjadi marinyo pemilihan bagi rakyat MBD, “tutur Alupatti.

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T menyampaikan, pemilukada merupakan moment lima tahunan dengan samangat dan tujuan utamanya adalah untuk memilih pemimpin sesuai dengan aspirasi rakyat, yang mendapat legitimasi rakyat dan yang setia kepada rakyat. Oleh karena itu harapannya pemilukada tahun 2020 ini akan menghasilkan pemimpin Maluku Barat Daya yang mengakar dan berasal dari rakyat dan dicintai oleh rakyat MBD.

Pemerintah Daerah juga mengapresiasi penuh kepada KPU MBD yang telah melakukan berbagai langkah pentahapan pilkada sampai saat ini. Sebagai Bupati dan Pemerintah Daerah bersama seluruh  rakyat MBD bertekad untuk mensukseskan dan mendukung penuh pelaksanaan seluruh tahapan pemilukada Tahun 2020 ini.

Bupati Noaach berharap, semoga pemilukada 2020 mendatang dapat berlangsung dengan jujur, adil, langsung, bebas, umum dan rahasia sehingga menjamin rakyat MBD dalam memberikan pilihan-pilihan politik. “Pemilukada ini juga menjadi ajang untuk memilih pemimpin MBD tapi tidak boleh menjadi ajang untuk memecah belah rakyat MBD. Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh kompenen masyarakat mari kita bergandeng tangan, mari kita bersatu padu melaksanakan pemilukada ini dengan damai, aman, sukacita dan gembira ria, “tegas Noach.

Ketua Komisioner KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, mengatakan sebagai penyelenggara pemilukada KPU dan Bawaslu di Kabupaten MBD harus bekerja secara profesional, penuh integritas dan independen.  “Semua komponen yang terlibat untuk bersama-sama mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati MBD Tahun 2020, sehingga berjalan dengan aman dan damai. Dengan  tiga slogan yang dipunyai KPU yakni melawan politik uang, melawan politiksasi sara dan melawan hoax dan KPU MBD siap melaksanakan pemilukada yang aman dan damai di Bumi Kalwedo,”pungkas Kubangun.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *