Ke TPS, Pimpinan OPD Dianjurkan Pakai Baku Daerah

oleh -101 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Pimpinan OPD pada Pemerintah Kota Ambon dihimbau megenakan baju cele dan baniang saat melakukan pencoblosan di TPS masing-masing pada 14 Pebruari besok.

Hal ini disampaikan Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena, yang semata ingin pelaksanaan pemilu di Kota Ambon terekesan beradat dan berbudaya.

“Saya minta saat hadir di TPS gunakan baju daerah didokumentasikan dan disebarkan di media sosial, agar masyarakat Indonesia tau bahwa dari timur Indonesia kita hargai keberagaman dalam proses demokrasi. Kita harus jadi contoh wujudkan Pemilu beradat dan berbudaya,” kata Wattimena di Balai Kota Ambon.

Selain baju daerah, Wattimena juga berharap setiap TPS dapat menampilkan ciri khas budaya. Misalnya TPS Batu Merah, dapat tampilkan tarian zamrah atau musik hadrat saat pemilih datang menyalurkan hak pilih di TPS. Sedangkan TPS di kawasan lain juga bisa ditampilkan musik ukulele atau seni budaya Maluku lainnya.

“Kita ingin nilai budaya kita tidak terkikis budaya luar sehingga kita berbeda dengan daerah lain, ” ungkap Wattimena.

Wattimena menegaskan, Pemkot Ambon berupaya menciptakan pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan damai, tidak dimanfaatkan pihak tertentu, tetapi mendapat dukungan TNI/Polri serta tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi.(**)