Jemaah Haji Asal MBD Tiba di Tiakur

oleh -361 Dilihat
oleh

87Nrws.com,Tiakur – Penjemputan Jemaah Haji Asal Maluku Barat Daya yang telah melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (8/2).

7 orang jemaah haji asal MBD ini tergabung dalam Kloter Jemaah Haji Provinsi Maluku yang tiba di Ambon pada hari Senin, 31 Juli 2023.

Jemaah haji diterima oleh Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si. Turut hadir Dandim 1511 Pulau Moa, Kolonel Inf. Galih Perkasa, Kapolres MBD, AKBP Pulung Wietono, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri MBD, Bambang. R. Hartoko, SH, MH, Para Asisten Setda MBD, Staf Ahli, Pimpinan OPD lingkup Pemda Kabupaten MBD serta Kepala Kantor Agama Kabupaten MBD.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan ibadah haji bagi delapan jemaah haji asal Maluku Barat Daya.

“Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat MBD, kami mengucapkan selamat datang kembali di tengah bumi Kalwedo bagi para tamu-tamu Allah dalam keadaan sehat walafiat. Rasa haru dan bahagia yang tidak tara yang tak bisa dilukiskan atas kembali ke tanah air. Hati para tamu-tamu Allah pasti merasakan kebahagiaan karena telah menyempurnakan keislamannya dengan menjalankan ibadah yang tidak mudah dijalankan oleh semua umat islam,” ucap wakil bupati.

Ditambahkan sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan ibadah haji di tahun ini sangat membawa dampak yang besar.

“Melalui kesempatan ini, kami selaku pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada jemaah haji yang telah mengikuti arahan dari para pembimbing dan tim medis sehingga dapat menjaga kesehatan dengan baik, serta menjalankan rukun ibadah haji di tanah suci dengan baik,” ujar wakil bupati

Wakil Bupati menjelaskan sebelum pemerintah daerah menyerahkan para jemaah haji kepada pihak keluarga, ada beberapa harapan yang disampaikan diantaranya dapat mewujudkan suasana yang harmonis dan nyaman bagi masyarakat.

“Dengan selesainya menjalankan ibadah haji kami mengharapkan agar bapak/ibu lebih giat lagi dalam menjalankan ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa, setelah kembali kepada masyarakat diharapkan menjadi contoh yang baik di lingkungan tempat tinggal sehingga dapat menciptakan suasana yang harmonis dan nyaman bagi masyarakat demi terciptanya kerukunan antar umat beragama,” harapnya

Dalam laporannya Kepala Kantor Agama, Stepanus Tia, SE menyampaikan pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah pelaksanaan ibadah haji yang paling sulit karena banyaknya lansia yang melaksanakan ibadah haji.

“Walaupun demikian, alhamdulillah jemaah haji MBD semuanya dapat melaksanakan dan menunaikan ibadah haji dengan baik adanya. Syukur tidak ada yang meninggal diantara jemaah haji MBD. Sekedar informasi bahwa jemaah haji asal Maluku, kurang lebih ada 4 orang yang meninggal, 3 orang meninggal di tanah suci dan 1 orang meninggal dalam perjalanan dari Makassar menuju ke Ambon,” ujar Tia

Ditambahkannya jemaah haji MBD yang berjumlah 8 orang, hanya 7 orang yang berkesempatan hadir dalam kegiatan saat ini.

“1 orang jemaah haji asal MBD karena kondisi kesehatannya terganggu dan harus turun di Makassar untuk mendapatkan perawatan. Kami sudah menyampaikan surat keterangan dokter dari Makassar untuk menjadi laporan bagi Pemerintah Daerah MBD,” jelasnya

Tia menjelaskan jemaah haji asal MBD dilepaskan Bupati MBD pada tanggal 29 Mei 2023. Berangkat dari Tiakur ke Ambon pada tanggal 13 Juni 2023. Berangkat dari Ambon ke Makassar pada tanggal 16 Juni 2023. Berangkat dari Makassar ke Jedah pada tanggal 17 Juni 2023. Kembali ke tanah air dengan keadaan baik pada tanggal 28 Juli 2023 dari Medinah ke Makassar. Pada tanggal 31 Juli 2023 berangkat dari Makassar ke Ambon. Dan tiba di Tiakur pada tanggal 2 Agustus 2023.

“Puji Tuhan, jemaah haji MBD selama kurang lebih 40 hari di Arab Saudi telah melaksanakan semua rukun haji dengan baik,” ujarnya

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Forkopimda atas dukungan pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji musim haji 1444 H tahun 2023.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.