Jadi Pilot Project, Bumdes Abusur Akan Diberikan Award

  • Whatsapp

87Bews.com,Kisar – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, mengapresiasi keberhasilan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Abusur, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan.

Bumdes Abusur dalam pengelolaan keuangan dana desa dinilai sangat baik dan optimal, sehingga pada tahun 2020 ini menuai keuntungan yang cukup besar, yakni Rp.800 juta.

Dikatakannya, apa yang dilakukan oleh Bumdes Abusur ini harus menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten MBD.

“Bumdes Abusur sudah sepantasnya menjadi pilot project bagi desa-desa lain di MBD. Apa yang sudah dilakukan ini harus ditingkatkan,”tegas Noach.

Noach mengatakan, Pemerintah Kabupaten MBD akan memberikan award kepada Bumdes Abusur, atas   langkah maju yang dilakukan Bumdes tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Abusur, Khristian Borel kepada media mengatakan, Bumdes Ahusur mulai dibangun tahun 2015. Mulai dari pembangunan gedung dan gudang tempat penyimpanan barang. Pembangunan Bumdes baru selesai pada tahun 2020. Dan bidang usaha yang dikerjakan oleh Bumdes ini adalah perdagangan.

“Kami membeli barang bahan bangunan dan sembako dari Surabaya, kemudian kami menjualnya kepada masyarakat,”jelas Kades.

Khristian mengatkan, dalam melakukan pembelian hingga pengiriman, Bumdes Abusur mandapat kemudahan dari perusahaan jasa pengiriman.

“Karena banyak kemudahan yang didapat, sehingga pengeluaran tidak terlalu besar,”lanjutnya.

Barang yang dijual Bumdes Abusur ini tidak memberatkan masyarakat dan dibawah harga pasar.

“Kita menjual barang dengan harga yang cukup miring dibawah harga pasar. Hal ini kita lakukan agar masyarakat desa Abusur khususnya dan tidak memberatkan masyarakat. Pada tahun 2020 Bumdes Abusur mendapat keuntungan sebesar Rp.800 juta lebih, “demikian Kristian.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *