Ini Pesan Bupati Noach Saat Melantik Kades Wulur dan Kades Ilih

  • Whatsapp

87News.com,Tiakur – Bupati Maluku Buatarat Daya, Benyamin Thomas Noach, Kamis (17/2) kemarin melantik Hendrik Rumihin sebagai Kepala Desa Wulur dan Saul Demny sebagai Kepala Desa Ilih, Kecamatan Pulau Damer. Pengambilan sumpah dan pelantikan kedua kepala desa tersebut berlangsung di ruang rapat Kantor Bappeda MBD.

Bupati Noach dalam sambutannya saat melantik dua Kades tersebut mengatakan, pelantikan yang dilalukan ini merupakan penetapan dan pengesahan ledua Kades dipilih secara demokrasi oleh masyarakatnya sendiri.

Pemerintah daerah berharap, pasca pelantikan tidak ada lagi blok – blok di dalam desa. Karena itu Kades yang baru dilantik harus membuka diri, karena menjadi kades untuk seluruh warga desa bukan untuk kelompok tertentu.

“Kades yang baru dilantik saya harap dapat melakukan rekonsiliasi dan merangkul masyarakat untuk bekerja sama membangun desanya,” tegas Bupati Noach.

Dalam pengambilan kebijakan di desa ungkapnya, Kades wajib mengajak dan bekerja sama dengan tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan seluruh unsur dalam desa.

Selain itu katanya, seorang kades wajib mempelajari undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, khususnya tentang pengelolaan dana desa, sehingga kades tidak bermasalah dengan pengelolaan dana desa.

“Kades yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik. Kades harus berada di tengah masyarakat, harus tahu kondisi masyarakat dan wajib melaporkan kondisi masyarakat kepada para camat agar dapat diteruskan kepada Pemerintah daerah,” pasanya.

Dengan dilantiknya Kepala Desa dari kedua desa tersebut sekaligus dapat menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi di antara kedua Desa. Dimana kerap terjadi pertikaian antara kedua desa tersebut, bahkan kedua kades harus terus berkoordinasi untuk mencegah dan melakukan deteksi dini setiap permasalahan di masing-masing desa.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *