Dua Karateka Maluku Lolos ke PON XXI 2024 Aceh-Sumut

oleh -831 Dilihat
oleh

87News.com,Ambon – Dua karateka Maluku masing-masing Elchi Toding Rante dan Chesya Poerdiman berhasil merebut tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh dan Sumatera Utara.

Tiket pertama diraih Chresya Poerdiman yang turun di kelas -68 Kg putri. Kemenangan Poediman cukup kontravesi, setelah Dewan Juri Pra PON XXI 2023 menganulir keputusannya dan menyatakan karateka Jawa Tengah Olga Septiani didiskualifikasi setelah dinyatakan yamematsu oleh wasit Muslimin di sisa tiga menit sebelum laga kelas -68 kg putri berakhir di saat skor 3-4 untuk lawan. Petarung Jawa Tengah dua kali melakukan jogai hatshoku.

Sementara itu, di kumite kelas -55 kg putri Elchi Toding Rante menyapu bersih tiga laga yang dilakoni dengan kemenangan angka atas lawan-lawannya.

Elchi yang tampil cukup tenang dan percaya diri, mengandalkan pukulan dan tendangan menyamping.

Berkat itu, karateka asal Lemkari Gemilang Maluku sukses mengantarkan dirinya ke PON edisi ke-24 di Tanah Sumatera, Aceh dan Sumut.

Sayangnya langkah Chesya Poerdiman dan Elchi Toding Rante gagal diikuti karateka Maluku lainnya.

“Anak-anak sudah memberikan yang terbaik, mencurahkan segala kekuatan mereka, tapi untuk saat ini baru dua tiket yang kita raih ke PON 2024. Kami realistis karena seluruh daerah datang dengan kekuatan penuh dan persiapan matang,” tutur Manajer Tim Karate Pra PON XXI Maluku, Agus Ririmasse.

Tim karateka Maluku yang berlaga di pra PON kali ini diperkuat oleh 6 karateka putri dan 7 karateka putera. Mereka adalah Jein.N.Watwahan di kategori Kata Perorangan Putri, Nur Afni Soulissa (Kumite -50 kg putri), Elchi Toding Rante (Kumite -55 kg putri). Sementara itu, Adelia.I.P.Tuasikal akan turun di kelas kumite -61 kg putri, Chresya Poerdiman (kumite -68 kg putri), Frisilya B.Terinate (Kumite +68 kg putri). Di kelas kata perorangan putera ada Jacob Jonathan Beay, Paulus.J.Tuhuteru akan bermain di kelas kumite -55 kg putra, Marchelino.J.Kuhuparuw di kelas kumite -60 kg putra, Stevanus Ferdinandus turun di kelas kumite -67 kg putra, Lodewijk C.Umakpauny (Kumite -75 kg putra), Pieter. J. Parinussa (Kumite -84 kg putra), sedang Rian A.Risamena di akan berlaga di kategori Kumite +84 kg putra.

Ketigabelas karateka ini didampingi oleh tujuh pelatih, masing-masing Ricky Risamena, Nevi Muskitta, Gusti Risamassu, Alex Ririmasse, Arnaldo Telussa, dan Dince Ruhunlela.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.