DPRD Gelar Rapat Paripurna Khusus Jelang Hut Ke-15 Kabupaten MBD

oleh -485 Dilihat
oleh

87News.com,Tiakur – Menjelang Peringatan HUT Kabupaten Maluku Barat Daya ke-15, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Rapat Paripurna Khusus, dalam rangka memperingati hari lahir Kabupaten tersebut, yang berlangsung di Ruang Sidang Paripurna DPRD MBD, Kamis (20/7), dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, Amd didampingi Wakil Ketua I DPRD MBD, Ever Mozes.

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, ST bersama Ibu, Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Drs. Agustinus Lekwarday Kilikily, M.Si bersama ibu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama ibu, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Obed H Y. Kuara, S.Sos, M.Si bersama Ibu, Ketua TP. PKK Kab. MBD, Ketua Bidang I TP. PKK. Kab. MBD, Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten MBD, Pimpinan Instansi Vertikal, ketua partai politik, serta undangan lainnya turut hadir dalam Paripurna Khusus DPRD Kabupaten MBD tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, mengajak semua elemen untuk memaknai perjumpaan ini sebagai salah satu wujud kebersamaan, persaudaraan serta silaturahmi. Karena peristiwa ini akan memperkuat ikatan batin antara kita semua dengan masyarakat MBD.

Dikatakan, pemerintah sudah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun harus kita sadari bahwa upaya mensejahterahkan masyarakat masih memerlukan proses dan kerja lebih keras lagi.

“Dengan ditetapkannya UU Nomor 31 tahun 2008 tentang pembentukan Kabupaten MBD, maka harapan besar masyarakat MBD adalah meninggalkan kemiskinan dan ketertinggalan. Oleh karena itu dikesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita untuk merenung dan merefleksikan fungsi dan peran kita masing-masing terhadap kemajuan daerah kita,” ucap tunay.

Tunay mengatakan, dengan momentum hari ulang tahun ke-15 Kabupaten MBD dengan sorotan tema Terus Berlari Untuk MBD Maju, maka seluruh dituntut untuk bekerja bersama, bekerja cepat, bahu membahu dan berkolaborasi sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing agar dapat mewujudkan tujuan mensejahterakan masyarakat MBD.

Atas nama lembaga dan seluruh masyarakat MBD, Tunay juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati, Wakil Bupati serta jajarannya atas kesungguhan dan ketulusan dalam membangun bumi kalwedo melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kiranya melalui kerjasama dan dukungan kemitraan yang baik, maka kita akan bersama-sama melihat kebutuhan masyarakat yang perlu diperbaiki dan dibenahi di masa yang akan datang,” lanjut tunay.

Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST menyampaikan, pada tahun ke-15 ini kinerja pemerintah daerah telah menunjukan trend yang baik dan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Noach menambahkan, sebagaimana kebijakan strategis pemerintah daerah yang telah ditetapkan dalam Pembangunan Jangka Menengah Daerah adalah peningkatan infrastruktur dasar, mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan daya saing daerah. Dan untuk mewujudkan kebijakan strategis ini, pemerintah daerah telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan mengacu pada indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh perangkat daerah. Maka berbagai upaya pencapaian indikator kinerja yang telah dijalankan dan dicapai dengan baik.

Noach memeparkan, laju pertumbuhan ekonomi dari 0,13% yang diperoleh pada tahun 2020 akibat pandemi covid 19 menjadi 2,63% pada tahun 2021 dan 5,01% pada tahun 2022. Persentasi penduduk miskin dari 29,55% pada tahun 2021 menjadi 27,64% pada tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 60,90 pada tahun 2020 menjadi 62,37 pada tahun 2021 dan 63,07 pada tahun 2022. Angka prevelensi stunting dari 29,6% pada tahun 2021 menjadi 25,7% pada tahun 2022.

“Atas keberhasilan ini, pemerintah daerah memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia pada tahun ini, sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap dukungan daerah yang mendukung program pencegahan stunting di daerah. Kami juga berhasil memberikan perlindungan bagi tenaga kerja berupa asuransi kepada 7.986 pekerja, yang terdiri dari nelayan, tukang tipar, tenaga non ASN dan tenaga lepas,” ujar bupati.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten MBD menerima penghargaan Universal Health Coverege (UHC) Award 2023 sebagai wujud komitmen dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia. Opini WTP dapat diperoleh selama 4 tahun berturut-turut.

Ditambahkannya, atas segala yang telah ditorehkan bersama hingga di usia ke-15 menjadi alasan peringatan HUT di saat ini memilih tema “Terus Berlari Untuk MBD Maju”.

“Tema ini secara umum menggambarkan capaian pembangunan dan peningkatan kwalitas kehidupan masyarakat di Kabupaten MBD sebagaimana telah digambarkan. Peningkatan pemanfaatan potensi sumber daya, serta ditunjang dengan keberadaan Kabupaten MBD sebagai wilayah perbatasan yang adalah teras depan di bagian selatan NKRI memberikan harapan dan peluang besar untuk terus berlari guna mengakselerasi pembangunan dan pelayanan masyarakat, agar lebih dapat meningkatkan keberhasilan yang telah diraih dalam berbagai bidang,” ungkap Noach.

Bupati Noach berharap, untuk terus berlari dalam upaya mewujudkan MBD yang maju, maka semangat persatuan dan kesatuan guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif serta kesadaran bersama terhadap tanggung jawab membangun negeri, sangatlah dibutuhkan. Sinergitas dan kolaborasi semua komponen masyarakat merupakan modal dasar untuk MBD maju.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.