Buka Diklat Bela Negara, Bupati: Bersama Bangun Kekuatan Besar Bela NKRI

oleh -244 Dilihat
oleh

87News.com,Kisar – Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th. Noach, ST, membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Latupati, Kecamatan Kisar Selatan, Rabu (25/10).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air bagi masyarakat terkhusus generasi muda atau kaum milenial, penguatan ideologi Pancasila, menjaga integritas dan identitas bangsa dan negara.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa bela negara adalah kewajiban setiap warga negara. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara.

“Perintah UUD 1945 mewajibkan setiap warga negara untuk melakukan pembelaan terhadap negara. Yang dibela adalah tanah air Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Salah satu cara membangun kesadaran rakyat adalah dengan melakukan pendidikan dan pelatihan bela negara,” ucap bupati

Bupati menambahkan, sebagai rakyat kita harus mampu membela negara Indonesia dengan melatih kecerdasan kita, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, harus cerdas, serta melatih fisik kita.

“Di jaman digitalisasi ini kalau kita tidak dibekali cukup terhadap kesadaran dan keyakinan terhadap Pancasila, maka bisa saja secara fisik bangsa lain tidak menguasai kita, tetapi ideologinya dapat menguasai kita. Kalau kita tidak hati-hati dan mawas diri, kita dapat bergeser, kita akan dapat meyakini serta mengagung-agungkan ideologi orang lain,” tegas bupati

Dirinya menyampaikan mengaktualisasikan pancasila dalam kehidupan tidaklah mudah. Maka perlu kesadaran bersama, perlu pengertian bersama, perlu satu komitmen bersama untuk membangun kekuatan besar menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila mengajarkan kita untuk menjadi bangsa yang penuh rasa kekeluargaan dan gotong royong, ketuhanan, berperikemanusiaan, negara yang berdemokrasi tetapi dengan hikmat, ulas bupati.

Bupati berharap pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan bela negara ini dapat berjalan dengan baik, dapat berguna bagi kita semua, bagi generasi muda dalam meningkatkan semangat juang untuk tetap setia membela NKRI.

Turut hadir Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, A.Md, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Pj. Sekretaris Daerah, Drs. Daud Reimialy, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Camat Kisar Selatan, Camat Kisar Utara.

Kegiatan diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari organisasi lintas agama, utusan desa/dusun se-kecamatan Kisar Selatan dan Kisar Utara.(*”)