383 Warga Binaan Lapas Ambon Terdaftar di DPT

oleh -67 Dilihat
oleh

Sebanyak 383 warga binaan Lapas Kelas II Ambon telah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan mereka mengikuti perekaman data sebelum masuk DPT yang digagas Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan Dinas Dukcapil Kota, yang mendatangi langsung melakukan perekaman KTP di Lapas, Kamis, kemarin.

Menurut Wattimena, perekaman langsung yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk perhatian kepada warga binaan yang ada di Lapas tersebut dan memastikan semua warga binaan telah mengantongi KTP.

“Mudah-mudahan semua warga binaan Lapas Kelas II Ambon yang belum miliki KTP, bisa memperoleh KTP,” ujar Pj Walikota Ambon kepada wartawan saat meninjau proses rekam e-KTP.

Menurutnya perekaman dan cetak KTP oleh Dukcapil, bukan saja pada Lapas, tapi di berbagai tempat, dengan sistim jemput bola. “Jadi Dukcapil turun ke berbagai lokasi, tempat memastikan seluruh warga Kota Ambon miliki KTP, Kartu Keluarga dan lain-lain,” ujarnya.

Wattimena menjelaskan, Pemkot tidak hanya melayani warga binaan, tapi setiap warga Ambon, yang berasal dari kabupaten/ kota lainnya dan data tiap warga sudah terintegrasi secara nasional. “Tinggal disebutkan nama lengkap, NIK atau nama dan tanggal lahir akan muncul data lengkap dan warga sudah bisa memperoleh KTP,” terang Wattimena.

Dikatakan, Pemkot juga melakukan perekaman dan pencetak KTP di Lapas Anak, Lapas Perempuan dan Rutan.

Sementara Kepala Lapas Kelas II A Ambon, Mukhtar menyebutkan saat menerima Perekaman dan pencetakan e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), pihaknya menyatakan ini yang pertama kali bagi Lapas Ambon. “Ini pertama kali warga Binaan kita mengikuti perekaman dan pencetakan KTP,’’ ujarnya.

Dia memberikan apresiasi tinggi bagi Pemkot Ambon. Setidaknya, terdapat 22 orang melakukan perekaman. Sementara 100 orang tadinya sudah memiliki KTP tapi tercecer. ‘’Kami berterima kasih kepada Pemkot Ambon yang sudah memfasilitasi, termasuk warga Binaan dari luar Kota Ambon,’’ akuinya.

Mukhtar mengaku, untuk Pemilu nanti, terdapat 2 TPS di Lapas Kelas II Ambon yakni TPS 902 dan TPS 903. ‘’Ini juga dalam rangka Pemilu, setelah perekaman kita tindak lanjut lagi,” ucapnya.(**)

banner 336x280="280"/>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.